Kamis, 09 Mei 2013

Tugas 1dari Prof Budi mata kuliah Statistik dan Komputer.


KOMENTAR JURNAL
‘PEMBELAJARAN BERBASIS  ICT DALAM PERKULIHAAN JURUSAN PARIWASATA DAN PERHOTELAN: PERAN, PELUANG, DAN TANTANGAN’.

Kemajuan teknologi di era global ini merambah diberbagi bidang, bidang ekonomi, sosial, pariwisata, maupun bidang pendidikan. Pada jurnal ini bidang pendidikan dan bidang pariwisata sangat erat sekali hubungannya karena kemajuan bidang pariwisata tidak lepas dari satu unsur pendukung utama yaitu menejemen pengelolaan Hotel yang berbasis ICT. Untuk itu manajeman pengelola pariwasata pada perkembanganya menuntut SDM yang handal yang memiliki profesioanalisme. Untuk mendapatkan SDM yang baik paling tidak dari sebuah tenaga pendidik yang baik pula. Salah satu tenaga pendidik yang baik harus bisa memanfaatkan ICT.
Sekarang ini banyak tenaga pendidik di akademi pariwisata yang kurang mampu memanfaatkan fasilitas ICT dan penerapan metode berbasis ICT sehingga mempengaruhi kompetensi mahasiswa yang minim dalam pengelolaan menejemen perhotelan yang berbasis ICT tersebut. Hal ini juga mempengaruhi perkembangan baik secara kualitas maupun kuantitas kemajuan industri pariwisata  umumnya dan khususnya perkembangan perhotelan di Indonesia, padahal persaingan di era sekarang ini begitu ketat seiring perkembangan teknologi informasi maka mau tidak mau peran akademisi untuk mewujudkan SDM yang profesional diawali dari tenaga pendidik yang memiliki kompetensi yang berbasis ICT.
Kedepan kondisi ini perlu untuk diperbaiki antara lain; (1). menyiapkan tenaga pengajar yang memiliki kompetensi yang berbasis ICT; (2). penerapan metode pembelajaran berbasis ICT; (3).  tersediannya media pembelajaran yang mendukung misal pemanfaatan jaringan LAN, MAN, WAN yang berbasis internet. Dalam mendukung usaha industri pariwisata dan perhotelan peran ICT sangatlah besar, karena teknologi ini banyak manfaatnya yaitu sebagai media promosi karena mudah di ekses kedunia luar, sebagai alat untuk memudahkan staff dalam mencari informasi dan mempercepat proses pelayanan kepada para tamu, sebagai alat yang membantu manager untuk membuat keputusan yang lebih actual dan akurat.
Dengan demikian manfaat penguasaan teknologi ICT bagi kalangan akademis diantaranya memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar, bagi mahasiswa kompetensi yang dimiliki mampu mengatasi persoalan seiring perkembangan teknologi, bagi industri pariwisata khususnya perhotelan  mampu bersaing dan mensejajarkan dengan Negara lain yang lebih maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar